I.
PENDAHULUAN
Manusia adalah mahluk yang membutuhkan yang lain berkelompok
sehingga perlu adanya pengaturan dalam kelompok tersebut, tak wajar kita
melihat bahwa suatu kelompok hancur karena tidak tertata dalam kelompok
tersebut
Lahirnya konsep manajemen di tengah gejolak masyarakat sebagi
konsekuensi akibat dari tidak seimbangnya pengembangan teknis degan kemampuan
sosial. Meskipun pengembangan ilmu manajemen sangatlah lambat jauh dibandingkan
dengan peradaban manusia di muka bumi
ini, barulah ketika - + pada abad 20
kebangkitan manajemen para teoritis maupun praktisi mulai tampak
Ketika istilah manajemen banyak diadopsi oleh pihak banyak dalam
berbagi bidang kehidupan , sehingga sangatlah perlu untuk kita lebih memahami
manajemen dalam suatu organisasi atau kehidupan yang lainya.
I. RUMUSAN MASALAH
A.
Apa
yang di maksud dengan manajemen ?
B.
Apa
saja tujuan manajemen?
C.
Bagaimana
hubungan manajemen dengan manajer ?
D.
Berapakah
jenis jenis manajemen ?
II. PEMBAHASAN
A.
Pengertian
menejemen
Menurut james A.F stoner dan charles wankel manajemen adalah proses
perencanaan,pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota dan
penggunaan selutuhsumber daya organisasiandemi tercapainya tujuan organisasi
Menurut mereka proses adalah cara sistematis untuk menjalankan
suatu pekerjaan yang meliputi:
1.
Perencanaan
yaitu menetapkan tujuan dan tindakan yang akan di lakukan
2.
Pengorganisasian
yaitu mengkordinasikan sumber daya manusia dan lainya yang di butuhkan
3.
Kepemimpianan
yaitu mengupayahkan agar bawahan bekerja sebaik mungkin
4.
Pengendalian
yaitu memestikan apakah tujuan tercapai atau tidak dan ketiak tidak tercapai
maka perbaikan ulang
Menurut paul hersey dan kennet manajemen adalah sebagai sesuatu
usaha yang dilakukan untuk mencapai oleh indivindu atau kelompok untuk mencapai
tujuan organisasi
Sedangkan menurut john D. Millen manajemen adalah suatu proses
pengarahan dan pemberian fasilitas kerjakepada orang yang di organisasikan
dalam kelompok formal untuk mencapai tujuan
Millet lebih menekankan manajemen suatu proses yaiu:
1.
Proses
pengarahan yaitu suatu rangkaian kegiatan untuk memberikan petunjuk dari
seseorang atasan kepada bawahan untuk mencapai tujuannya
2.
Proses
pemberian fasilitas kerja yaitu suatu rangkaian yang memberikan sarana dan
prasarana serta jasa yang memmudahkan pelaksanana pekerjaan dari atasan kepada
bawahan untuk mencapai suatu tujuannya
B.
Tujuan
manajemen
Tujuan adalah sesuatu yang ingin direalisasikan oleh seseorang;
tujuan merupakan objek suatu tindakan yang menggambarkan cangkupan tertentu dan
menyarankan kepada usaha seorang manajer.
Pada umumnya tujuan terbagi menjadi tiga macam :
a.
Tujuan
organisasi secara makro yaitu tujuan
yang sangat berhubungan dengan nilai yang di bentuk oleh organisasi untuk
kepentingan pihak intern dan ekstern (sosial)
b.
Tujuan
manajemen pada seluruh hierarki organisasi, tujuan ini banyak berhubungan
dengan hierarki kuantitasi dan kualitas yang harus direalisasikan
c.
Tujuan
individu, tujuan ini lebih banyak berhungunan dengan kepuasaan ekonomis,
pisikologis, dan sosial
C.
Hubungan
manajemen dan manajer
Manajer adalah seorang yang bertindak sebagi perencana,
pengorganisasi, pengarah pemotivasi serta pengandali orang dan mekanisme kerja
untuk mencapai tujuan sedangkah Manajemen adalah seni, ilmu, prosesnya
Dapat dipahami dalam tabel sebagai berikut:
Manajemen
|
manajer
|
Seni atau ilmu dalam perencanaan, pengorganisasiaan, pengarahan,
pemotipasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk
mencapai tujuan
|
Seseorang yang bertindak sebagai perencanaan, pengorganisasiaan,
pengarahan, pemotipasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja
untuk mencapai tujuan
|
Manajer dalam hubungan dengan menajemen menjelaskan tentang
substansi tugas yang ada padanya. Pada satu sisi, manajer ada pada posisi tugas
pelaksana kepemimpinan dengan membantu pemimpin memimpin pekerjaan yang
bersifat departemenal. Di sini manajer adalah kepala atau pemimpin suatu
departemen atau unit kerja dalam suatu organisasi. Pada sisi yang bersifat
lebih substansial, manajemen adalah tugas seorang manajer yang berhubungan
dengan pelaksanaan tugas kepemimpinan pada aras manajerial. Tentu tatkala melaksanakan
tugasnya, manajer memanejemeni, tetapi perbedaannya, ialah bahwa ia memanajemeni
tugasnya atas nama pemimpin yang mendelegasikan tugas manajerial kepadanya.
Manajer dalam cangkupan kegiatanya dapat diilustasikan sebagi
berikut
1. Manajer lini garis-pertama (first line seperti para mandor)
adalah tingkatan manajemen paling rendah dalam suatuorganisasi yang memimpin
dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Dan mereka tidakmembawahi manajer yang
lain.
2. Manajer menengah (Middle Manager seperti para kepala bagian,
devisi,seksi) adalah manajemen menengah dapat meliputi beberapatingkatan dalam
suatu organisasi. Para manajer menengah membawahi dan
mengarahkankegiatan-kegiatan para manajer lainnya kadang-kadang juga karyawan
operasional.
3. Manajer Puncak (Top Manager seperti dewan direksi, presiden
organisasi)
terdiri dari kelompok yang
relative kecil, manager puncak bertanggung jawab atas manajemen keseluruhan
dari organisasi.Namun demikian, dalam organisasi yang besar, manajer akan
memiliki tingkatan-tingkatan
James A.F stoner dan charles wanker menspesifikasikan tentang manajer
sebagi berikut:
a.
Manajer
bekerja dangan dan melalui orang lain
b.
Manajer
bertanggung jawab dan bertanggung gugat
c.
Manajer
menyeimbangkan dan persaingan tujuan dan menetapkan prioritas
d.
Manajer
harus berpikr anlisis dan konseptual
e.
Manajer
adalah penengah
f.
Manajer
adalah politikus
g.
Manajer
adalah diplomat
h.
Manajer
adalah lambang
Menurut kegiatanya dapat dibedakan menjadi empat bagian
1.
Dewan
direksi
2.
Presiden
organisasi
3.
Departeman
devisi
4.
Manajer
hirarki pertama
D.
Peran
manajer dalam organisasi
fungsi manajer terbagi menjadi dua
1.
fungsi
manajer dari sudut proses,
yang
dimaksud meliput:
a.
perencanaan
dalam
fungsi perncanaan manajer memiliki deskirpsi sebagai berikut :
1.
menetapkan
mendistribusikan dan menjelaskan tujuan
2.
memperkirakan
3.
menetapkan
syarat dan dugaan tentang kinerja
4.
menerapkan
dan menjelaskan tugas
5.
menetapkan
rencana penyelesaian
6.
menetapkan
kebijakan
b.
pengorganisasian
dalam
fungsi pengorganisasin manajer memiliki pekerjaan sebagi berikut
1.
mendiskripsikan
pekerjaan dalam tugas pelaksanaan
2.
mengkalsifkasikan
tugas pelaksanaan
3.
mengumpulkan
pekerjaan oprasional dalam kesatuan yang berhubungan
4.
menetapkan
syarat bekerja
5.
mengkaji
dan menempatkan individu pada pekerjaan yang tepat
6.
memberikan
fasilitas ketenaga kerjaan
7.
menyesuaikan
organisasi
c.
penggerakan
yaitu:
1.
memberi
tahu dan menjelaskan tujuan kepada para bawahaan
2.
mengelola
dan mengajak para bawahan untuk bekerja secara maxsimal mungkin
3.
membingbing
bawahan
4.
mengembangkan
bawahan
5.
memuji
dan memberi sangsi
d.
pengendalian
yaitu:
1.
membandingkan
hasil dengan rencana
2.
menilai
hasil dengan standar hasil pelaksanaan
3.
menciptakan
ukuran untuk mengukur pelaksanaan
4.
memperbaiki
tindakan pekerjaan jika di perlukan
5.
menysuaikan
pengandalian dengan hasil
2.
fungi
manajer dari sudut sepesialisasi kerja
merupakan penerapan fungsisesuai denagn bidang yang ada dalam
organisai fungsi yang di maksud sebagai berikut:
1.
fungsi
keuangan
2.
fungsi
ketenagakerjaan
3.
fungsi
pemasaran
4.
fungsi
pembelian
5.
fungsi
produksi[1]
E.
Macam
macam manajemen
Adapun
manajemen terdapat beberapa macam yaitu :
1.
Manajemen Sumber Daya Manusia adalah
penerapan manajemen berdasarkan fungsinya untuk memperoleh sumber daya manusia
yang terbaik bagi bisnis yang kita jalankan dan bagaimana sumber daya manusia
yang terbaik tersebut dapat dipelihara dan tetap bekerja bersama kita dengan
kualitas pekerjaan yang senantiasa konstan ataupun bertambah.
2.
Manajemen Pemasaran adalah kegiatan manajemen
berdasarkan fungsinya yang pada
intinya berusaha untuk mengidentifikasi apa sesungguhnya yang dibutuhkan
oleh konsumen, dana bagaimana cara pemenuhannya dapat diwujudkan.
3.
Manajemen Produksi adalah penerapan manajemen
berdasarkan fungsinya untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan standar yang
ditetapkan berdasarkan keinginan konsumen, dengan teknik produksi yang
seefisien mungkin, dari mulai pilihan lokasi produksi hingga produk akhir yang
dihasilkan dalam proses produksi.
4.
Manajemen Keuangan adalah kegiatan manajemen
berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk memastikan bahwa
kegiatan bisnis yang dilakukan mampu mencapai tujuannya secara ekonomis yaitu
diukur berdasarkan profit. Tugas manajemen keuangan diantaranya merencanakan
dari mana pembiayaan bisnis diperoleh, dan dengan cara bagaimana modal yang
telah diperoleh dialokasikan secara tepat dalam kegiatan bisnis yang
dijalankan.
5.
Manajemen Informasi adalah kegiatan manajemen
berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha memastikan bahwa bisnis yang
dijalankan tetap mampu untuk terus bertahan dalam jangka panjang. Untuk
memastikan itu manajemen informasi bertugas untuk menyediakan seluruh informasi
yang terkait dengan kegiatan perusahaan baik informasi internal maupun
eksternal, yang dapat mendorong kegiatan bisnis yang dijalankan tetap mampu
beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat.
6.
Manajemen Strategi, Secara sederhana
manajemen dapat di artikan sebagai Perencanaan, Pengorganisasian, Pergerakan,
Pengawasan dalam rangka pengambilan keputusan. Kompetensi umum sebagai manajer
strategiadalah Menciptakan persaingan sempurn. Dalam persaingan sempurna semua
organisasi menghasilkan produk yang serupa sehingga bebas keluar masuk ke dalam
pasar. Suatu organisasi dapat memperoleh keunggulan bersaing dengan menciptakan
persaingan tidak sempurna yaitu dengan cara memberikan kualitas yang tinggi di
aspek-aspek tertentu. Kompetensi khusus
dalam manajemen staregi adalahKeunggulan bersaing merupakan hal khusus yang
dimiliki atau dilakukan suatu organisasi yang memberinya kekuatan untuk
menghadapi pesaing. Kompetensi ini bisa berwujud opini atau merek yang
mempunyai persepsi kualitas tinggi. ( misalnya;
opini: Pengelolaan administrasi yang rapi, terkenal bersih atau bebas
KKN/Korupsi Kolusi Nepotisme, Tepat waktu.contoh Merek: Coca cola, IBM, BMW, Mc
Donald’s).
7.
Manajemen operasi adalah area bisnis yang
berfokus pada proses produksi barang dan jasa, serta memastikan operasi bisnis
berlangsung secara efektif dan efesien. Seorang manajer operasi bertanggung
jawab mengelola proses pengubahan input (dalam bentuk material, tenaga kerja,
dan energi) menjadi output (dalam bentuk barang dan jasa)[2].
III. KESIMPULAN
a.
manajemen adalah proses
perencanaan,pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota dan
penggunaan selutuhsumber daya organisasiandemi tercapainya tujuan organisasi
b.
Tujuan
adalah sesuatu yang ingin direalisasikan oleh seseorang; tujuan merupakan objek
suatu tindakan yang menggambarkan cangkupan tertentu dan menyarankan kepada
usaha seorang manajer.
c.
Manajer
adalah seorang yang bertindak sebagi perencana, pengorganisasi, pengarah
pemotivasi serta pengandali orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan
sedangkah Manajemen adalah seni, ilmu, prosesnya
d.
Fungsi
manajer
1.
fungsi
manajer dari sudut proses, yang dimaksud meliput:
1)
perencanaan
2)
pengorganisasian
3)
penggerakan
4)
pengendalian
2.
fungi
manajer dari sudut sepesialisasi kerja merupakan penerapan fungsi sesuai dengan
bidang yang ada dalam organisai fungsi yang di maksud sebagai berikut: fungsi
keuangan fungsi ketenagakerjaan fungsi pemasaran fungsi pembelian fungsi
produksi
e.
Macam
macam manajemen : Manajemen Sumber Daya Manusia. Manajemen Pemasaran. Manajemen Produksi.
Manajemen Keuangan. Manajemen Informasi.
Manajemen Strategi dan Manajemen operasi
IV. PENUTUP
Mungkin
cukup sekian dari kami dalam penulisan apabila ada kesalahan kami sebagi
manusia meminta maaf sebesar-besarnya, dan kiranya kami meminta audiens untuk
bersedia mengeritik dan memberikan saran pada makalah kami supaya lebih
sempurna
V. DAFTAR PUSTAKA
DR.
H. Siswanto, penghantar manajemen (2009), jakarta PT bumi aksara
http://mastermakalahadministrasinegara.blogspot.com/2011/05/manajer-dan-manajemen.html
0 comments:
Post a Comment